FORMAT MODUL 1
Deskripsi Mata Kuliah : PENILAIAN STATUS GIZI
Mata ajar/Kode/SKS | PENILAIAN STATUS GIZI (PSG)/GZ311/3 SKS |
Program/Angkatan | |
Semester/tahu ajaran | Semester 3, Theori 1 |
Tempat | Jurusan Gizi Poltekes Kemenkes Padang |
Nama Dosen | DR.FAUZI ‘ARASJ, SKM, MKes |
Pokok Bahasan | Memahami konsep timbulnya permasalahan gizi |
Standar Kompetensi | 1) Menerapkan prinsip etika dalam melaksanakan pelayanan 2) Ikut aktif dalam kegiatan profesi gizi 3) Menerapkan pengetahuan dan ketrampilan baru dalam kegiatan pelayanan gizi 4) Melakukan dokumentasi rencana asuhan gizi 5) Melakukan dokumentasi kemajuan asuhan gizi yang telah dilakukan klien dan kelompok sasaran 6) Melakukan komunikasi interpersonal 7) Menggunakan tekhnologi terbaru/tepat guna dalam komunikasi dan informasi 8) Melakukan penapisan gizi/nutritional screening pada klien/pasien secara individu 9) Menentukan status gizi secara antropometri 10) Menentukan status gizi dengan konsumsi makanan 11) Menentukan status gizi dengan cara data biokimia 12) Menentukan status gizi menggunakan data klinis 13) Melakukan pengkajian gizi klien/pasien tanpa komplikasi (dengan kondisi kesehatan umum, mislanya hipertensi, jantung dan obesitas) 14) Melakukan pengkajian giziklien/pasien tanpa komplikasi (dengan kondisi kesehatan komplek, misalnya gagal ginjal, trauma, kanker, dll) dibawah pengawasan 15) Menetapkan diagnosa gizi pasien dengan kondisi kesehatan umum, misalnya hipertensi, jantung, dll 16) Melakukan monitoring dan evaluasi asupan gizi/makanan pasien 17) Melakukan konferensi tim kesehatan untuk mendiskusikan terapi dan rencana pemulangan 18) Melakukan penapisan gizi/ nutritional screening pada kelompok masyarakat 19) Melakukan penilaian status gizi pada kelompok masyarakat. |
Kompetensi Dasar | Modul 1: Memahami konsep timbulnya permasalahan gizi (teori) |
Indikator | 1) Memahami pengertian Host, agent, environtment 2) Memahami riwayat alamiah penyakit |
Metode |
|
Media | Komputer, LCD, proyektor |
Kegiatan Pembelajaran termasuk evaluasi
Waktu | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa |
1. Pendahuluan Selama 5-10 menit | Menjelaskan tujuan, pokok bahasan, tujuan dan manfaat pembelajaran hari ini | Mendengarkan Bertanya Diskusi |
2. PBM (80-90 menit) |
| Mendengarkan Bertanya Diskusi |
3. Penutup 5-10 menit | Memberikan kesimpulan pembelajaran hari ini | Mendengarkan Bertanya Diskusi |
Kegiatan Belajar 1à materi belajar 1 |
belum ada |
Tugas |
· Mahasiswa mencari bahan lain yang berhubungan dengan PBM |
Senarai |
|
Soal Ujian |
|
Kunci Jawaban |
|
Daftar Pustaka |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar